Pages

Subscribe:

Senin, 27 Agustus 2012

Belajar Suling


Hampir seluruh wilayah Indonesia ada alat Musik Suling dari Bambu,  umumnaya yang paling dikenal  adalah alat musik Suling Sunda.
Oleh karena itu mari alat musik tradisional Suling Bambu  dari Sunda ini harus kita lestarikan agar tidak diklaim oleh bangsa lain.


Alat musik Suling Bambu ini menjadi alat musik tradisional dari daerah pasundan,bahan untuk membuat alat musik ini pun sangat sederhana hanya dengan bambu,tapi bambu yang digunakan tidak sembarangan jenis bambu harus di tentukan ukuran dan bentuknya.
Walau suling sunda ini terlihat sederhana jangan salah harmonisasi suara yang dihasilkan tidak kalah dengan alat tiup modern seperti harmonika,recorder,saxophone dll.Alat musik yang sederhana memang tampak membosankan dan monoton bila dimainkan dengan skill tinggi iramanya menumbuhkan semangat kedaerahan terutama bagi orang orang pasundan

Alat musik ini adalah alat musik tiup yang terbuat dari bambu Tamiang, satu jenis bambu yang tipis dan berdiameter kecil sehingga cocok untuk dijadikan suling, suling sunda disebut "suling" yang biasa mengiringi Kacapi, Gamelan dan Tembang Sunda gamelan, suara yang dihasilkan sangat unik dan membangkitkan jiwa dari pendengar, itu karena skala nada suling dan jiwa dari pemain suling. Ada 4 nada skala untuk suling sunda:

1. Pelog Degung

2. Madenda atau Sorog

3. Salendro

4. Mandalungan

Ada dua faktor yang mempengaruhi baik nada suara suling:

   1. Posisi jari.
   2. Kecepatan aliran udara yang ditiup oleh mulut.

Perubahan posisi yang meraba panjang gelombang resonansi suara di dalam tubuh suling. Tergantung pada jarak terdekat suling lubang ke kepala, catatan yang berbeda dapat dihasilkan. Kecepatan aliran udara juga dapat mengubah nada frekuensi. Sebuah catatan dengan frekuensi dua kali dapat diproduksi kebanyakan oleh meniup udara ke kepala suling lubang dengan kecepatan dua kali.


Di daerah Sunda, sebuah suling digunakan sebagai

1. Salah satu instrumen utama dalam kacapi suling
2. Menyertai instrumen dalam Gamelan Degung, Tembang Sunda

Suling memiliki 2 macam lubang ada yang 4 lubang atau 6 lubang. Yang 6 lubang suling sunda bisa bermain setidaknya tiga skala yang berbeda.

1. Pelog Degung: da mi na ti la da [1 2 3 4 5 1],
    hampir sesuai untuk melakukan mi fa sol si do [1 '7 5 4 3 1] dalam nada diatonik Barat.
2. Madenda atau Sorog: da mi na ti la da [1 2 3 4 5 1],
    hampir mirip dengan melakukan si fa mi fa la [4 '3' 1 '7 6 4] dalam nada diatonik Barat.
3. Salendro: da mi na ti la da [1 2 3 4 5 1],
    hampir mirip dengan kembali melakukan la sol fa re [2 '1' 6 5 4 2] dalam nada diatonik Barat
4. Mandalungan: skala yang jarang digunakan

Nah itulah sekedar share belajar suling ,semoga bermanfaat dan banyak buat anda yang sedang belajar suling maupun sedang melihat-lihat aja terimakasih sob............!!

Posted By: http://imam-teguh-priyatmudin.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar